Membuat Order
Bagaimana cara membuat order di Tantri Cashier?
Halaman Tambah Pesanan digunakan oleh kasir untuk menambahkan produk ke dalam keranjang pelanggan sebelum melakukan pembayaran. Modul ini dirancang untuk efisiensi dengan fitur pencarian menu, pemilihan kategori, dan opsi custom price.
Membuat Order
-
Menekan tombol
+ Membuat transaksi -
Tentukan terlebih dahulu tipe pengantaran: Sebelum memilih menu, tentukan terlebih dahulu tipe pengantaran:
-
Makan Di Tempat
Pesanan akan dikonsumsi langsung di lokasi. -
Bawa Pulang
Untuk pelanggan yang ingin membawa pesanan pulang. -
Pesan Antar
Digunakan untuk layanan delivery.
⚠️ Pemilihan tipe pengantaran akan mempengaruhi alur pemrosesan dapur dan struk cetak.
2. Pilih Multiprice
Jika sistem Anda memiliki beberapa level harga (contoh: Member, Harga Grosir, Harga Normal), pilih opsi yang sesuai dari menu dropdown Multiprice.
3. Pilih Menu Makanan
Anda bisa memilih menu dari daftar produk yang tersedia:
Fitur Pencarian dan Filter
- Ketik nama makanan di kolom Cari Makanan...
- Gunakan filter kategori seperti:
All MenuUdang,Tanpa Kategori, dll.
Tampilan Menu Produk
Setiap produk akan menampilkan:
- Gambar menu
- Nama menu dan deskripsi singkat
- Harga (contoh: Rp 100.000)
- Informasi kalori
- Stok produk
- Tombol Tambah
4. Menambahkan ke Keranjang
Klik tombol Tambahkan pada salah satu produk untuk memasukkannya ke dalam Keranjang di sebelah kanan layar.
- Jumlah default: 1
- Produk yang sama akan diakumulasi otomatis jika ditambahkan lebih dari sekali.
Keranjang akan menampilkan daftar item yang dipilih, jumlah, subtotal, dan opsi hapus/edit.
5. Custom Amount
Jika pelanggan ingin melakukan pembayaran tanpa item tertentu (contoh: biaya parkir, tips, atau produk yang belum terdaftar), gunakan tombol Custom Amount.
- Masukkan deskripsi item
- Tentukan harga secara manual
- Item akan masuk ke keranjang seperti produk biasa
6. Melanjutkan ke Pembayaran
Case Tipe order Close Bill (Pembayarn dilakukan ketika order dibuat)
⚠️Tipe order bisa di set defaultnya di modul tipe order (Close Bill atau Open Bill).
Setelah semua item ditambahkan ke keranjang:
- Klik tombol Checkout
- Sistem akan mengarahkan ke halaman checkout
- Mengisi data order seperti Nama Pelanggan, Nomor Telepon, Alamat (Jika tipe order delivery ), dan Group Meja, Nomor Meja dan Jumlah orang (Jika Table management aktif)
- Tekan Tombol Lanjutkan Pembayaran dan akan diarahkan ke halaman Konfirmasi.
- Detail dari orderan akan ditampilkan
- Pilih metode pembayaran: tunai, e-wallet, QRIS, dll.
- Tekan Tombol Konfirmasi Pesanan dan akan diarahkan ke halaman
Detail pesanandengan status menunggu pembayaran
Case Tipe order Open Bill (Pembayaran dilakukan ketika order selesai)
⚠️Tipe order bisa di set defaultnya di modul tipe order (Close Bill atau Open Bill).
Setelah semua item ditambahkan ke keranjang:
- Klik tombol Checkout
- Sistem akan mengarahkan ke halaman checkout
- Mengisi data order seperti Nama Pelanggan, Nomor Telepon, Alamat (Jika tipe order delivery ), dan Group Meja, Nomor Meja dan Jumlah orang (Jika Table management aktif)
- Tekan Tombol Lanjutkan Pembayaran dan akan diarahkan ke halaman Konfirmasi.
- Detail dari orderan akan ditampilkan
- Selain lewat default setting tipe order, tiper order Open bill dapat di trigger lewat switch Bayar Sekarang dimatikan.
- Tekan Tombol Konfirmasi Pesanan dan akan diarahkan ke halaman
Detail pesanandengan statusmenunggu konfirmasi - Kemudian bisa melakukan Proses Pesanan
- Pilih metode pembayaran akan dapat dipilih jika pelanggan sudah selesai order: tunai, e-wallet, QRIS, dll.
Tindakan yang Dapat Dilakukan
Sudah Dibayar
Klik tombol merah ini untuk menyelesaikan transaksi dan menandai pesanan sebagai dibayar dan masuk ke status Diproses.
Tambah Pesanan
Digunakan jika pelanggan ingin menambahkan item tambahan ke order yang sama.
Kirim Faktur
Mengirimkan faktur pembayaran ke email pelanggan (jika tersedia).
Batalkan Pesanan
Untuk membatalkan pesanan secara permanen.
Tandai Sebagai City ledger
untuk menandai order sebagai city ledger (Opsi ini akan terlihat jika setting city ledger di super admin)
⚠️ Jika pesanan telah dibayar, tombol pembatalan akan nonaktif.
Tombol Lain
Tersedia di pojok kanan atas. Digunakan untuk mencetak struk atau faktur dari pesanan.
Pesanan Selesai
Tersedia Ketika Status pesanan Diproses dan ketika sudah terkonfirmasi selesai status order akan berubah ke Pesanan Selesai.
2. Pilih Multiprice
Jika sistem Anda memiliki beberapa level harga (contoh: Member, Harga Grosir, Harga Normal), pilih opsi yang sesuai dari menu dropdown Multiprice.
3. Pilih Menu Makanan
Anda bisa memilih menu dari daftar produk yang tersedia:
Fitur Pencarian dan Filter
- Ketik nama makanan di kolom Cari Makanan...
- Gunakan filter kategori seperti:
All MenuTanpa Kategori, dll.
Tampilan Menu Produk
Setiap produk akan menampilkan:
- Gambar menu
- Nama menu dan deskripsi singkat
- Harga (contoh: Rp 100.000)
- Informasi kalori
- Stok produk
- Tombol Tambah
4. Menambahkan ke Keranjang
Klik tombol Tambah pada salah satu produk untuk memasukkannya ke dalam Keranjang di sebelah kanan layar.
- Jumlah default: 1
- Produk yang sama akan diakumulasi otomatis jika ditambahkan lebih dari sekali.
🧺 Keranjang akan menampilkan daftar item yang dipilih, jumlah, subtotal, dan opsi hapus/edit.
5. Custom Amount
Jika pelanggan ingin melakukan pembayaran tanpa item tertentu (contoh: biaya parkir, tips, atau produk yang belum terdaftar), gunakan tombol Custom Amount.
- Masukkan deskripsi item
- Tentukan harga secara manual
- Item akan masuk ke keranjang seperti produk biasa
6. Melanjutkan ke Pembayaran
Setelah semua item ditambahkan ke keranjang:
- Klik tombol Lanjutkan
- Sistem akan mengarahkan ke halaman pembayaran
- Pilih metode pembayaran: tunai, e-wallet, QRIS, dll.
- Cetak struk jika dibutuhkan
Catatan
- Gambar dan informasi produk dikelola dari modul Manajemen Produk.
- Stok produk otomatis berkurang setelah pembayaran berhasil.

